Saturday, January 28, 2017

Tips Belanja Online, Agar Terhindar dari Penipuan!

Apakah anda sudah pernah berbelanja online? Jika belum pernah, pasti anda selalu berpikir negatif tentang belanja online, benar gak? Yups...Pikiran negatif pasti ada bagi anda yang belum berpengalaman belanja online. Berdasarkan pengalaman pribadi Saya ketika mendengar istilah belanja online, Saya selalu berpikir negatif tentang hal-hal yang berbau online, kenapa? Karena waktu itu saya kurang paham tentang dunia online.

Apakah di dunia online itu banyak penipu? Pasti ada. Tapi, menurut pengalaman saya pribadi, malah saya lebih banyak menemukan orang-orang jujur di dunia maya atau di dunia online. Bahkan saya berani menyimpulkan lebih banyak orang yang jujur ketimbang yang memiliki niat yang tidak baik.

Ah, yang benar? Bukannya dunia maya itu resiko penipuannya sangat besar? Resiko pasti ada, tapi bagaimana cara kita meminimalisir resiko tersebut agar terhindar dari segala jenis kejahatan di dunia online.
Tips Belanja Online
Belanja Online

Jujur saja, menurut pengalaman pribadi. Saat pertama kali mencoba untuk belanja online, saya selalu berpikir saya akan tertipu, apakah barang bisa sampai tujuan, uang bakal hilang gak jelas, dan pertanyaan lainnya yang bikin saya berpikir seribu kali untuk belanja online.

Apakah anda juga berpikir demikian? Jika iya, anda tak perlu hawatir, itu hal yang manusiawi artinya itu sudah menjadi hal yang wajar, sifat tersebut menunjukkan bahwa anda adalah manusia yang normal.


Alhamdulillah, sejak pertama kali terjun di dunia online dan sampai sekarang saya tidak punya pengalaman kena tipu, semoga hal tersebut tidak akan terjadi. Selama kita tetap waspada dan berhati-hati, insyaallah hal-hal tersebut tidak akan terjadi menimpa kita.


Saya lebih sering belanja online daripada belanja offline, karena saya sudah merasa ketagihan belanja online. karena belanja online lebih mudah dan gak ribet, gak perlu capek-capek nyari barang ke toko dan kendala teknis lainnya yang menghambat dan melelahkan jika dibandingkan belanja konvensional.

Ok, langsung saja saya bagikan tips belanja online di internet agar terhindar dari penipuan. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ya...

Tips Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

#Tips Pertama


Pilihlah toko online yang terpercaya

Di Indonesia sudah banyak toko online yang terpercaya, yang kredibilitasnya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena sudah bertahun-tahun menjadi situs e-commerce yang sudah dipercaya oleh para pelanggannya. Belanja online di situs ternama tentu akan mengurangi resiko anda untuk tertipu dalam belanja online, karena situs e-commerce sudah dilengkapi sistem pengaman dalam bertransaksi, sehingga menambah kenyamanan bagi penggunanya. Misalnya, Tokopedia juga memiliki sistem OTP (one time password) seperti yang digunakan bank besar di Indonesia. Namun fitur-fitur keamanan ini akan kurang berguna jika user sendiri juga tidak berhati-hati.

Beberapa toko online/market place yang terpercaya di Indonesia seperti:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Zalora
  • Blibli.com
  • Bineka
  • Elevenia
  • dll.
Belanja online memang sangat menyenangkan, tetapi para online shopper harus tetap hati-hati bertransaksi online, agar terhindar dari kasus penipuan.

#Tips Kedua

Cek kredibilitas dari situs tempat belanja

Jika anda memutuskan untuk mencoba belanja di toko online yang bukan market place yang sudah kami sebutkan di atas. Atau toko online yang sifatnya milik pribadi, anda perlu waspada saja. Karen, meskipun toko online pribadi, banyak kok yang terpercaya, anda harus lebih teliti dalam memilihnya agar terhindar dari segala bentuk penipuan.

Pilih website yang terpercaya dan sudah memiliki kredibilitas dalam dunia jual-beli online. Atau cari terlebih dahulu informasi terkait situs tersebut ataupun bertanya kepada teman dan keluarga yang sudah pernah bertransaksi melalui situs tersebut. Jangan lupa untuk membaca kebijakan-kebijakan dari situs jual-beli online tersebut, apakah ada garansi barang hingga kebijakan tentang pengembalian uang jika barang yang sudah dibeli diterima dalam keadaan cacat. Pastikan tidak ada kebijakan yang merugikan pembeli, serta pastikan pula data-data pribadi akan dilindungi dan tidak disebarluaskan ke pihak lain.

#Tips Ketiga

Jangan tergiur dengan harga murah

Harga murah, sering menjadi indikasi terjadi penipuan. Tapi, tidak semua yang harga murah itu berarti punya niat menipu. Anda jangan sampe salah menyimpulkan. Bisa jadi harga sedang diskon sehingga harga lebih murah dari harga pasar. Tapi, kebanyakan harga yang murah, sering terindikasi adanya penipuan.

Untuk memastikan harga produk yang ingin dibeli, baiknya konsumen mencari tahu kisaran harga produk tersebut di pasaran, sehingga tidak akan mudah tertipu dengan toko yang menjual produk tersebut dengan harga miring.

Untuk toko online yang sudah terpercaya, biasanya sering melakukan diskon jika ada momen-momen hari besar, atau hari yang istimewa di Indonesia, misalnya hari kemerdekaan, hari pahlawan dan hari-hari lain yang bersejarah atau hari penting lainnya. Selain hari istimewa tadi, biasanya diskon sering dilakukan saat produk tersebut baru launching atau baru diluncurkan sehingga dilakukan harga promosi/diskon.

Semoga anda bisa membedakan diskon yang kondisional dengan diskon yang dibuat oleh orang berniat untuk menipu.

#Tips Keempat

Baca deskripsi produk dengan teliti

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pembeli wajib membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu dengan teliti. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang di harapkan. Jika ada yang kurang jelas, langsung hubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang diinginkan.

Bila perlu anda lakukan review telebih dahulu tentang produk yang akan anda beli, dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet, anda bisa browsing terkait produk yang akan anda beli dan mencari review barangnya di Youtube agar anda tidak salah dalam membeli produk.

#Tips Kelima

Rekening pribadi atau perusahaan?

Saat melakukan transaksi jual-beli online melalui web, hindari mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah website yang memiliki rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah pasti lebih terjamin. Rekening ini biasanya disebut dengan rekening bersama (rekber) atau escrow system, yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli, serta bisa meminimalisir tindakan penipuan.

Cara kerjanya, uang yang ditransfer oleh pembeli akan tertahan pada pihak perantara hingga barang sampai ke tangan pembeli. Saat barang sudah sampai ke pembeli dengan kondisi yang baik, barulah dana yang dibayarkan pembeli, diterima oleh pihak penjual. Salah satu tempat berbelanja online yang menyediakan fasilitas ini adalah Tokopedia

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga toko online milik pribadi banyak juga yang terpercaya. Intinya anda harus tetap teliti dalam bertransaksi online.

#Tips Keenam

Cek kredibilitas penjual

Konsumen bisa menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari toko yang bersangkutan. Kalau review yang diberikan oleh pembeli positif, maka silakan lanjutkan untuk bertransaksi di toko tersebut. Namun jika reviewnya kurang baik, lebih baik cari toko online lain yang menjual produk tersebut.

Testimoni merupakan bentuk kesaksian dari para konsumen atau pelanggan dari toko online tersebut, testimoni ini biasanya dibuat oleh para pembeli yang sudah melakukan transaksi dengan toko online tersebut. Testimoni biasanya dibutuhkan jika toko online itu milik perorangan atau belum begitu meyakinkan buyer atau pembeli. Anda juga harus bisa membedakan testimoni asli dengan fake atau palsu.

#Tips Ketujuh

Periksa kembali pesanan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kembali bahwa produk yang di pesan sudah sesuai. Selain itu, pastikan untuk memasukkan alamat dan nomor telepon dengan benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat proses pengiriman barang.

Jangan sampai anda salah memasukkan alamat pengiriman, salah tulis bisa menyebabkan barang pesanan anda tidak bisa samppai ke tujuan, atau rumah anda.. Berhati-hatilah dalam mengisi data saat melakukan order. Jangan sampai kesalah anda sendiri, memponis toko online tersebut yang melakukan penipuan, padahal ini dalah kesalahan anda yang tidak teliti dalam memberikan informasi ke penjual.

#Tips Kedelapan

 Asuransikan

Baiknya minta penjual untuk menambahkan asuransi di pengiriman. Lebih baik bayar lebih, untuk biaya asuransi tersebut, yang penting pesanan datang dalam kondisi yang baik.

Untuk asuransi, biasanya jika anda membeli produk yang harga mahal, misalnya harga sudah melebihi satu jutaan. Jika barang tersebut sudah tergolong mahal, alangkah baiknya anda menggunakan asuransi, bayar lebih sedikit gak apalah yang penting barang aman, dari segala bentuk kerusakan saat pengiriman. Misalnya barang-barang elektronik yang rentan terjadi kerusakan saat pengiriman.

Untuk mengantisipasi itu bisanya pihak kurir sudah menyiapkan asuransi sehingga barang akan dipacking lebih aman menggunakan kayu, sehingga aman terhadap goncangan dan benturan saat pengiriman.

#Tips Kesembilan

Simpan bukti transaksi

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kita wajib menyimpan bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan dengan penjual, hingga transaksi benar-benar selesai. Jadi apabila terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan belum menerima pembayaran, pembeli bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut kepada penjual.

Semoga tips ini berguna bagi anda yang belum pernah belanja online, sehingga anda terhindar dari segala bentuk penipuan saat belanja online.
Load disqus comments

0 comments