Saturday, November 26, 2016

Cara Membuat Judul Video yang Menarik

Cara Membuat Judul Video yang Menarik - Banyak konten video di Youtube yang bertebaran, membuat para Youtuber harus beruasaha berfikir cerdas dan kreatif dalam membuat konten video. Selain faktor konten video yang menjadi daya tarik penonton untuk melihat dan menyaksikan video anda. Ada beberapa faktor lain juga yang sangat penting untuk menentukan jumlah view atau tayangan dari video yang anda buat. 

Apa saja faktor itu? Judul dan Thumbnail. Hal yang pertama kali dilihat oleh penonton sebelum melihat isi video anda adalah penonton akan terlebih dahulu melihat judulnya. Iya, judul sangat penting untuk diperhatikan setelah membuat konten video yang berkualitas. 

Tips Youtuber
YouTuber
Berikut ini kami bagikan tips dalam membuat judul video yang menarik dan dapat mencuri perhatian penonton sehingga jumlah view pada video kamu akan semakin meningkat. Berikut tips Membuat judul video yang menarik

Dasar-dasar dalam menulis judul video di Youtube

1. Tulis judul dengan pemilihan kata yang menarik
Kata yang menarik membuat penonton akan penasaran untuk klik video anda. Tapi jangan sampai misleading content (artinya: yang ditulis di judul tidak ada di dalam konten)

Contoh:
Misalnya anda membuat sebuah video vlog liburan ke bali yang dimana anda kesana bareng sama sahabat-sahabat anda, liburan seminggu ke beberapa tempat wisata yang seru, ke pantai, snorkling, sampai bungee jumping, dengan budget yang minim banget.

Judul yang bagus seperti apa?
- VLOG Liburan Ke Bali Sama Sahabat (kurang menarik)
- BUNGEE JUMPING DI BALI! (menarik, pastiin ini jadi highlight di dalam videonya)
- Seminggu Di Bali Modal 500 Ribu! (menarik, bikin orang penasaran terutama traveler)

2. Beberapa kata pertama di awal itu sangat penting

Kenapa?
- Kata-kata di awal judul akan more likely to be found in search daripada menaruh kata-kata terpenting di bagian belakang judul.

- Orang-orang nonton YouTube itu dari berbagai device. Ada yang mulai dari layar gede, sampe layar sekecil-kecil jempol. Kalo device kecil gitu, saat dia buka YouTube, bisa jadi judul video kalian itu kepotong dan hanya tampil beberapa kata awal aja, that's why kata-kata di awal judul itu sangat penting.

Contoh:
- Benazio Cover Sorry by Justin Bieber (oke jelas, tapi kata pentingnya di belakang); lebih baik,
- Justin Bieber - Sorry (Cover by Benakribo)

Kenapa gitu?
Karena sudah sangat jelas orang-orang akan search lagunya Justin Bieber dengan keyword pertama yaitu 'justin bieber sorry'.

3. Judul buat video series

Banyak dari Youtuber yang bikin series di channelnya. Mulai dari VLOG, series tutorial dan semacamnya, sampai berepisode-episode. Nah, ini ada tipsnya juga lho, supaya bisa lebih enak dibaca, lebih gampang dicari orang.

Contoh:
- [VLOG #23] Nonton Bareng Sama Mantan
- Nonton Bareng Mantan - VLOG #23

karena kata-kata VLOG akan berulang-ulang terus setiap video vlog yang baru, jadi lebih baik ditaroh di bagian belakang judul. Jadi tetap fokusin judul yang menarik terutama di 2-3 kata pertama.

Contoh:
- Liburan di Jogja - Episode 1
- Liburan di Jogja - Episode 2
- Liburan di Jogja - Episode 3 FINAL

Daripada kayak gitu, akan sangat boring karena judulnya sama semua, yang berubah hanya nomor episodenya doang. Belom lagi kalo yang nonton dari hp dengan layar segede jempol, bisa jadi yang keliatan cuma "Liburan di Jogja - Epi..".

Nah makanya lebih baik untuk memberi judul yang berbeda setiap video. Kalo ada nama seriesnya, taro di bagian paling belakang aja, begitu pula dengan nomor episodenya.

Tips tambahan:
Banyak banget Youtuber yang sering pake CAPSLOCK buat judul videonya. Sepertinya ini halal diaplikasikan di YouTube, dan menurut gue memang most of the time kalo emang judul/kontennya menarik banget, akan sangat ngena banget ke penonton yang ngeliat judul tersebut dengan CAPSLOCK.

Kesimpulan:
Judul itu penting banget, perlu dipikirin bener-bener, jangan asal taro judul. Jangan sampe kalian udah bikin konten niat banget, bagus banget, tapi judul dan thumbnailnya nggak oke. Sayang banget. Menurut gue ini mempengaruhi juga isi konten kalian, that's why menurut gue STORYTELLING sangat penting. Kalo video yang kalian bikin (misalnya vlog) yang Storytellingnya sudah sangat oke, jelas, apalagi visualnya bagus. Bisa langsung aja taro highlight story dari videonya untuk dijadiin Thumbnail dan Judul.

Nah, itulah sedikit sharing pengalaman tentang Tips Membuat Judul Video yang menarik. Semoga bermanfaat untuk teman-teman Youtuber Indonesia. Sukses selalu untuk channel anda.

sumber : https://www.youtube-creatorcommunity.com
#Benazio Putra

Load disqus comments

0 comments