Tuesday, April 19, 2016

Beli Domain Murah? Sebaiknya Hati-Hati!

Kali ini saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang membeli domain murah. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dengan postingan saya ini. Saya hanya ingin membagikan pengalaman saya agar bisa dijadikan pelajaran buat teman-teman yang baru pertama kali membeli domain, terutama domain murah yang dijual melalui jasa pihak ketiga.
Buat yang mau beli domain murah, sebaiknya anda pikir mateng-mateng dulu, jangan hanya mencari murahnya saja tapi ujungnya bikin kecewa alias nyesek banget. Mohon maaf bagi teman-teman yang menjual domain murah, saya hanya berbagi pengalaman saja bukan maksud untuk merusak bisnis anda.

 gambar : blog.idwebhost.com

Begini cerita lengkapnya gan...

Bagi newbie seperti saya pasti pingin banget memiliki atau membeli domain TLD (Top Level Domain) yang harga murah dan sangat tergiur dengan iming-iming full kontrol lah, atau apalah yang sejenisnya.

Satu tahun yang lalu saya membeli domain TLD berekstensi .com (baca: dot com) dengan harga yang murah dari standar harga pasar yaitu, cuma 50ribu doang. Bagi blogger newbie pasti seneng banget punya domain TLD dengan harga murah tanpa berpikir ke depannya kayak gimana. Domain itu saya beli lewat jasa teman di grup facebook. Tempat register domain itu adalah enom.com. Saat itu saya tidak mengerti hal ini, yang penting beli domain TLD biar terlihat keren dan kece kayak masteran gitu gan, he... 
Capman emotikon
Tapi ada baiknya juga jika kita menggunakan domain TLD, bikin kita lebih serius untuk mengelola blognya gan, postingnya jadi rajin karena terasa terbebani dengan harganyanya meskipun murahan.

Saking rajinnya buat postingan alhamdulillah blog saya membuahkan hasil gan berkat domain murah itu, sebelumnya saya gak pernah berpikir bisa dapat rejeki kayak gitu, kalau berkenan mau baca dan lihat hasilnya bisa dibaca di sini gan : Hasil Ngeblog
Hari berganti hari menjadi minggu dan berganti bulan dan pada akhirnya tidak terasa sampai satu tahun berjalan, dan saatnya perpanjangan domain. Ini masa-masa nyeseknya gan. Domain saya sudah lumayan dikenal sama tante google eh..maksudnya mbah google he.. Dan beberapa postingan sudah masuk pejawen sehingga visitornya lumayanlah gan. Tapi, yang membuat kecewa saat perpanjangan domain gak bisa login ke akun kontrolnya. Id dan password udah saya save dengan baik di laptop, tapi pas dipakai login ternyata tidak bisa. Niat mau perpanjangan domain malah domainnya melayang gan. Miris!!  Nama domainnya : wirahadiary.com.

Akhirnya saya putuskan buat beli domain baru. Nampaknya saya belum kapok beli domain murah, saya coba beli sama salah satu teman penjual jasa jual beli domain, masih dengan harga yang sama.

Saya mengulang hal yang serupa, karena saya pikir provider penyedia layanan hosting domainnya yang bermaslah makanya saya mencari yang lain. Kali ini penyedia layannya adalah unregistry.com. Yah, namanya orang awam gak ngerti masalaah beginian. Malah yang ini lebih tragis gan. Baru satu bulan domainnya udah melayang entah kenapa. Padahal saya sudah bolak-balik setting sana-sini, submit web master lah ganti link internal yang error. Karena perubahan domain.

Bayangin deh gan kayak buat blog baru mulai dari nol besar. Eh, ujung-ujungnya nyesek abizzz!! Saya tanya sama yang jual domain, dia bilang
"Domainnya kena bobol gan diambil org." 
Walah ini aneh banget gan, frown emotikon 
 "Gue ganti pakai domain yang lain aja ya gan? " 
Walah enak bener. Seenaknya aja mau ganti, emangnya saya gak capek harus optimasi lagi. Akhirnya domain kedua hanya berumur 1 bulan, domainnya wirahadi.net. Ahh.., sudah lah saya ikhlasin aja tuh domain. Daripada digantiin domain baru tapi nanti ujung-ujungnya kayak gitu lebih baik gak usah dah.
Akhirnya saya putuskan beli domain langsung lewat websitenya di IDwebhost.com biar gampang bayarnya gan soalnya gak ngerti pakai dolar. Meskipun harganya lebih mahal gak apalah yang penting nyaman.
  grin emotiko Artikel terkait : Cara setting custom domain blogspot idwebhost
Semoga cerita saya ini bisa memberikan pelajaran berharga buat teman-teman yang mau membeli domain murah.

Kesimpulan

Hati-hatilah membeli domain murah, saya sarankan beli aja langsung lewat websitenya, cari yang lokalan aja biar gampang bayarnya. Mohon maaf buat teman-teman yang jualan domain murah bukan maksud untuk merusak bisnisnya. Saya hanya berbagi pengelaman pahit, semoga tidak ada lagi maslah seperti yang saya alami.
Load disqus comments

1 comments: