Friday, January 22, 2016

Kiriman dari Tokopedia Ko' Bisa Nyasar?

Siapa sih yang tidak kenal dengan Tokopedia? Toko online yang satu ini memang sangat menggoda anda jika anda mencoba membuka website-nya karena produk yang ditawarkan memiliki banyak pilihan dan harga pun bervariasi, dari yang termurah hingga yang termahal, mulai dari iklan promosinya yang sering tayang di media Televisi, kini Tokopedia begitu mencuat di kalangan publik sehingga sangat menarik minat para online shooper untuk mencoba berbelanja. Saya pun tak mau kalah untuk mencoba berbelanja di toko online ini.  

Hari ini, saya mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan saat belanja online di Tokopedia. Entah karena apes atau lagi kurang beruntung saya juga bingung, baru kali ini saya punya pengalaman seperti ini. Saya mencoba mengabadikan momen yang kurang hoki di blog ini, untuk berbagi cerita. Mungkin ada di antara teman atau sobat dumay yang mengalami masalah yang serupa dengan saya.

Berikut kronologinya!

Pada hari itu tepatnya tanggal 15 Januari 2016, saya memesan sebuah kaos lengan panjang di sebuah Toko Online terkemuka di Indonesia yaitu Tokopedia. Toko online yang satu ini sudah menjadi favorit saya saat belanja online, alasan sederhana yang membuat saya hobi belanja di sini, karena barang yang dijual sangat banyak pilihannya. Selain itu, Tokopedia juga merupakan toko online yang sangat aman jika anda ingin mencoba berbelanja online. Resiko penipuan pun sangat kecil kemungkinannya terjadi. Fitur review dari Tokopedia sangat membantu anda dalam memilih barang yang berkualitas dan sesuai harapan anda.

Kembali ke cerita saya, selepas memesan kaos di Tokopedia tepatnya hari sabtu memesan barang yang tidak begitu mahal dari segi nominalnya. Saat saya memilih metode pengiriman saya lebih memilih pengiriman lewat pos, karena ongkos pengiriman lewat pos lebih murah dari JNE. Saat itu saya sedikit kesal dengan penjual yang telat mengirim barang, saya order hari jum'at masak dikirimnya hari senin, alasannya sih karena toko libur, saya pun tak mau terlalu lama memikirkan masalah sepele ini.

Setelah dikirim hari senin, saya langsung mengecek status pengirimannya di akun Tokopedia saya, ternyata memang sudah dikirim. setelah 4 hari kemudian tepatnya hari jum'at, saya mendapatkan pemberitahuan di Tokopedia bahwa pesanan saya sudah berstatus sampai dan diperintahkan untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang. Saya pun bingung padahal barangnya sampai sekarang belum sampai di tangan saya. Saya pun langsung bergegas menuju kantor pos untuk menanyakannya langsung tentang status kiriman saya tersebut.

Setibanya di kantor pos, saya langsung bertanya kepada customer service bekerja di sana. Dengan menyerahkan KTP dan menanyakannya : 
Mbak ada gak kiriman saya yang sudah sampai? Tolong dicek ya, ini KTP saya.
Perempuan cantik yang menjadi petugas pos itu pun langsung meng- "iya" kan, dan bergegas mencarinya di tempat gudang barang kiriman. Sembari menunggu mbak yang cantik mengecek barang, saya langsung duduk disebuah kursi yang begitu nyaman.

Setelah beberapa saat kemudian pegawai pos pun muncul dan memanggilku untuk memberitahu ku satatus barang kirimanku tersebut, dengan mengatakan:
Mas, barangnya belum sampai, bawa nomor resi pengiriman gak? Biar kami cek status barangnya.
Dari ucapan mbak pegawai pos itu, bahwa status barang saya belum sampai, dan saya dimintai nomor resi pengiriman. Pada hari itu saya tidak membawa nomor pengiriman karena nomor resinya ada di akun Tokopedia dan tidak sempat saya catat.

Saya pun langsung bergegas untuk pulang dengan perasaan ngenes banget, tapi saya harus sabar dan menanyakan lagi ke pihak penjual di Tokopedia.

Setiba di rumah saya langsung membuka akun Tokopedia dan menanyakan kepada penjual tentang status pengiriman barang tersebut. Penjual pun langsung kaget dan mengatakan:
Apakah alamat anda tulis sudah benar?
Saya pun menjelaskan kepada penjual tersebut, selama saya belanja di Tokopedia saya tidak pernah mengalami hal ini, alamat di akun Tokopedia selalu sampai tujuan jika saya memesan barang. Saya pun penasaran untuk mengecek resi tersebut, dan membuka website Pos Indonesia, setelah melihat status pengiriman barang saya sontak kaget, ko' bisa kiriman saya nyasar ke Kupang dan statusnya diterima tapi gagal antar. Kupang itu kan ibu kota provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur), sedangkan alamat saya ada di Lombok, NTB.

Kiriman Nyasar

Saya menunggu kabar baik dari barang itu, apakah akan dikirim ke alamat saya? Saya hanya berharap masalah ini terselesaikan. Saya  hanya pasarah dan berpikir jika memang sudah menjadi rizki saya, pasti akan sampai juga.

Lanjutan ceritanya lihat di postingan berikut!. Klik Next>>

Load disqus comments

0 comments