Monday, April 17, 2017

Cara Mendapatkan Banyak Viewers di Youtube dengan Cepat

Mendapatkan banyak viewers di Youtube merupakan impian dari para Youtuber. Untuk mendapatkannya tidak semudah yang dibayangkan. Tapi, tidak sulit juga, jika Anda mengetahui caranya.

Saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi. Sebenarnya Saya tidak fokus di Youtube sejak akun Saya terkena suspend kemarin. Saya sempat kecewa dengan pihak Youtube karena saat itu Saya begitu aktif mengupload video di channel utama Saya. Namun, nasip naas menimpa channel tersebut, dan akhirnya kena suspend tepatnya pada akhir tahun 2016. Tapi, alhamdulillah kabar baiknya channel tersebut sudah bisa diselamatkan.

Jika Aanda pernah merasakan suspend atau akun kena banned dari Youtube dan belum tahu cara banding ke pihak Youtube, silahkan Anda baca Cara Banding untuk Mengembalikan Channel Suspend. Jika Anda belum pernah merasakan kena suspend, sebaiknya Anda mempelajarinya lebih awal untuk berjaga-jaga agar  bisa mewaspadai hal tersebut sebelum terjadi.
mendapatkan-banyak-view-dari-youtube

Ok, kita kembali ke topik artikel ini yaitu tentang cara mendapatkan view banyak di Youtube.

Berdasarkan pengalaman pribadi Saya, mungkin tips yang akan Saya bagikan ini sudah banyak bertebaran di jagat maya. Namun, Saya akan membagikan menurut pengalaman pribadi, kalaupun banyak tips yang sama, bukan berarti ikut-ikutan.


Cara Mendapatkan Banyak Viewers di Youtube dengan Cepat

1. Buatlah Video yang Lagi Trend

Tips yang pertama ini paling jitu banget, jika sesuatu itu lagi trend cepat banget untuk mendapatkan view meskipun terkadang videonya kurang berkualitas.Biasanya video yang lagi trend ini viewnya sangat cepat melonjak. Namun, kadang tidak stabil untuk jangka panjang. Tapi, jika videonya menarik justru akan tetap mendapatkan banyak view.

Study kasus berdasarkan pengalaman nih ya...

#Study kasus

Saya pernah mengupload video slide durasi 3 menitan, yang saya buat hanya menggunakan aplikasi movie maker saja, aplikasi yang sangat cocok untuk pemula, cuma bermodalkan gambar-gambar dari Google dan sedikit ditambahkan kata-kata agar lebih dramatis. Saya mengambil berbagai gambar dari Google untuk dijadikan video, usahakan Anda pilih gambar yang menarik dan berkualitas bagus agar videonya terlihat menarik.

Meskipun hanya video slide ternyata banyak banget viewnya, saat itu Saya kesulitan banget untuk mencari view, karena Saya baru menggeluti Youtube. Study kasus ini justru saya jadikan pelajaran berharga.

Ini hasil viewnya yang sekarang., karena video ini  sudah gak ngetrend lagi, jadi viewnya masih jalan tapi tidak seperti saat lagi trend.

2. Gunakan Thumbnail dan Judul yang Menarik

Thunmbnail merupakan gambar sampul video yang bisa dibuat secara custom atau sesuai keinginan. Sebelum orang membuka dan menonton video Anda hal yang pertama pemicu penonton untuk tertarik menonton video Anda adalah, pengaruh gambar sampul atau thumbnailnya dan dari judul yang menarik.


Pengalaman ini pernah Saya terapkan saat mengupload video remix yang Saya ambil dari video-video dari Youtube.

Perlu anda ketahui...

Remix video itu bukan seperti  reupload yang ilegal, yang terkadang bisa merugikan si pembuat konten atau bisa dikatakan tindakan yang tidak terpuji bagi seorang Youtuber. Bedanya remix video adalah, kita mencampurkan beberapa video yang ada di Youtube menjadi satu, cukup menggunakan fitur edit video yang ada di Youtube itu sendiri. Dan uniknya cara ini bukan merupakan sebuah pelanggaran bahkan ini cara yang legal, karena video yang bisa diremix adalah video tertentu saja, yang sudah bertanda khusus yaitu CC atau creative common atau sudah ada ijin dari pembuat konten video tersebut. Tapi, untuk mencari konten video yang berkualitas untuk diremix sangatlah sulit, rata-rata didominasi video yang kualitasnya rendah yang sering muncul. Sehingga Anda harus berusaha mencari video yang bagus untuk diremix.

Untuk cara remix video silahkan baca : Cara Membuat Video Youtube Tanpa Upload

Apakah cara ini bisa mendatangkan view yang banyak?

#Study kasus

Jika Anda kreatif justru cara ini  yang paling ampuh untuk mendatangkan view. Karena pengalaman pribadi Saya justru view yang terbanyak yang Saya dapatkan dari video remix ini. Video ini sudah Saya upload satu tahun yang lalu dan sampai sekarang masih tetap mendapatkan view. Dan sekarang malah sudah tembus 1juta view. Kalau Anda tidak yakin bisa Anda lihat screenshot di bawah ini!
Seperti yang Anda ketahui bahwa video itu cuma hasil remix saja, cuma letak kesuksesannya adalah terdapat pada thumbnailnya atau gambar sampulnya yang lumayan menarik. Dan pada pembuatan judul video saya menambahkan kata "Terbaru" mungkin ini juga salah satu faktor yang membuat penonton penasaran ingin menontonnya.

Gambar sampul di video tersebut malah tidak ada cewek cantik seperti di gambar, cuma isinya memang sudah sesuai dengan judul. Tapi, itu gak ada cewek cantiknya 😁 wkwk, tapi di komentar video gak ada yang prostes, malah banyak yang terhibur. Mungkin daya tariknya adalah karena ada foto cewek cantik. Tahu sendiri kan kalau orang Indonesia suka baperan kalau lihat cewek cantik. wkwkk

 3. Buatlah Video yang Kontroversi

Kalau cara yang ketiga ini, sebaiknya jangan ditiru ya....wkwk. Karena jenis video yang ini sangat rentan terjadinya perdebatan, karena dapat memicu emosi dari para penonton. Dan dampak kadang harus siap-siap dibully sama komentator yang ada di Youtube, jadi harus siap-siap tutup mata dan telinga aja, biar gak ikutan berkomentar negatif.

Seperti yang Saya sampaikan tadi, jangan ikuti cara ini jika Anda tidak siap untuk dibully, karena akan ada 2 kubu yang saling serang.

Jika Anda ingin mencoba trik ini, sebaiknya jangan gunakan channel utama, gunakan channel yang lain untuk mencobanya.. Mohon maaf Saya tidak bisa memberikan screenshot bukti videw dan komentarnya karena video dan channel tempat Saya upload video tersebut sudah dihapus oleh pihak Youtube.

4. Promosikan Video Anda di Sosial Media

Setelah membuat video, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah promosi. Anda bisa melakukan promosi di sosial media facebook, twitter, dan sosial media lainnya yang sering Anda gunakan. Saya sendiri lebih sering mempromosikan video di facebook. Promosikan video Anda di tempat-tempat yang strategis, jangan asal share di grup-grup yang tidak jelas. Carilah grup yang memang sesuai dengan topik video Anda.


Tips share video di facebook agar lebih banyak konversi view
  • Promosikan video Anda di tempat yang sesuai dengan topik video. Misalnya Anda membuat video vlog saat jalan-jalan atau traveling. Carilah grup facebook yang banyak membaha tentang traveling
  • Promosikan video Anda di fanpage yang sedang ramai atau aktif. Anda harus mencari postingan di fanpage yang sedang heboh tentunya sesuai dengan topik di video Anda. Carilah postingan yang banyak dikomentari, dan usahakan cari fanpage yang banyak folowernya. Sambil menyimak orang yang berkomentar Anda bisa sebarkan link di sana. Berdasarkan pengalaman Saya hasilnya juga sangat meningkatkan konversi view video Anda.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan banyak view di Youtube, tips ini berdasarkan pengalaman pribadi ya....Semoga teman-teman Youtuber pemula yang mengeluhkan sulitnya mencari view di Youtube bisa mencoba cara ini.

Sekian dulu sharing tentang cara mendapatkan view dari Youtube semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman Youtuber.
Load disqus comments

0 comments