Saturday, November 26, 2016

Pengalaman Return Barang di Tokopedia

Kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman, yang bisa dikatakan kurang enak, kenapa? Karena barang yang saya pesan ternyata tidak komplit. Kok bisa? Entahlah, saya juga bingung, padahal segel produk masih utuh tanpa ada yang rusak. Barang yang saya pesan sebuah kamera samsung tipe WB250. Kamera ini adalah tipe kamera poket namun kualitas gambarnya lumayanlah mendekati kamera berkelas DSLR atau Mirorrles. Sehingga saya sangat kepincut saat melihat dan menonton video riviewnya di Youtube.

Setelah melihat berbagai referensi di Google dan Youtube akhirnya saya mencoba memutuskan untuk membelinya di toko online yang menjadi favorit saya saat belanja online, yaitu Tokopedia. Entahlah, kenapa saya lebih senang belanja di 'toped' (singkatan dari tokopedia) ketimbang di situs e-commerce yang lainnya seperti Lazada, Bukalapak, dan sejenisnya. Meskipun saya pernah mencoba belanja di situs toko online yang lain selain di Tokopedia, namun saya lebih senang aja belanja di toped. Karena, meurut saya di toped barang yang dijual lebih lengkap, dan menu navigasi websitenya lebih mudah digunakan (user friendly)
Return Barang Tokopedia
gambar : tokopedia.com

Kembali ke cerita. Setelah memesan dan deal dengan penjual, saya langsung meluncur ke ATM terdekat untuk melakukan pembayaran. Saya gak perlu pikir panjang karena rencana membeli kamera ini sudah saya pikirkan secara matang sebelum membelinya. Setelah melaukan konfirmasi ke pihak toped setelah beberapa jam sudah pembayaran sudah diverifikasi oleh tokopedia. Dan saatnya menunggu barang yang sudah di pesan.

Setelah beberapa hari kemudian penantian barang pun tiba. Biasanya barang sampai tujuan alamat saya minimal dalam jangka waktu 3 hari kadang lebih tergantung pihak ekspedisi pengiriman dan bahkan pernah sampai satu minggu baru sampai. Tapi, rata-rata pengiriman barang ke tempat saya memakan waktu 3 hari. Baik menggunakan JNE maupun jasa Pos, tidak ada perbedaan yang mencolok kecuali menggunakan paket yang reguler dari JNE dan Pos agak sedikit lama dari biasanya.
Retur Barang di Tokopeda

Setelah barangnya sampai. Saya pun langsung membuka isi paket yang dikirimkan penjual. Segel kotak pembungkusnya sangat rapi dan aman sekali. Saat membuka isinya saya sangat kaget! Apakah ada yang salah? Wow.. aku jadi kaget baterainya kok gak ada! Astaga! Padahal dari segelnya masih utuh tidak ada yang terbuka. Tanpa pikir panjang saya langsung menghubungi penjual di forum yang  sudah disediakan toped melalui kolom komentar dari produk yang saya beli.

Tokopedia

Alhamdulillah penjualnya sangat respon dan baik banget dan menerima keluhan yang saya sampaikan dengan baik dan bersedia menerima return barang dan pengembalian uang pembayaran barang saat barangnya sudah sampai.

Alhamdulillah semua masalah terselesaikan degan baik tanpa sedikitpun gangguan meskipun mesti kirim balik barangnya kena ongkir tambahan gak apa-apalah daripada barangnya gak kepakai karena gak tahu harus nyari dimana untuk beli baterainya. Jadi, lebih baik direturn saja.

Sekian dulu cerita pengalaman saya return barang di tokopedia, semoga bisa menambah pengetahuan bagi anda yang belum pernah return barang di tokopedia.
Load disqus comments

0 comments